4 Penyebab kayu Dimakan Rayap dan Cara Ampuh Mengatasinya!

 

Kayu merupakan properti yang wajib ada dalam pembangunan suatu rumah atau bangungan lain. Dengan adanya kayu dapat menambah kesan natural dalam suatu bangunan. Selain itu, kayu juga merupakan bahan utama dalam pembuatan pintu, jendela, atau properti rumah lainnya.

Namun sangat disayangkan, tidak semua kayu mempunyai kualitas bagus yang menyebabkan kayu gampang lapuk dan keropos akibat dimakan rayap. Rayap yang sudah hidup di kayu, dapat dipastikan kayu tersebut akan cepat keropos. Hal ini dikarenakan rayap yang menggerogoti kayu, tumbuh sekitar 30 ribu butir setiap harinya.

Sesuai dengan ulasan di atas, sangat disayangkan jika aksen kayu dalam rumah anda tidak terawat dengan baik. Maka dari itu, perhatikan pembahasan pada artikel kali ini yang dapat membantu anda dalam mengatasi dan mengantisipasi adanya rayap yang tumbuh dan berkembangbiak di rumah anda.

Penyebab Adanya Rayap

Di bawah ini beberapa penyebab dan cara mengantisipasi rayap yang tumbuh dan berkembang di rumah anda.

1. Kayu Kurang Berkualitas

Furnitu rumah yang terbuat dari kayu memang memberikan aksen yang natural dan elegan. Namun sayangnya tidak semua furnitur yang berbahan kayu, memiliki kualitas yang bagus.

Bahan kayu yang kurang berkualitas tentu tidak akan bertahan lama, karena kayu yang mudah rapuh dan keropos. Kayu jenis ini memang sangat disukai rayap, maka dari itu pastikan kayu yang anda pilih adalah kayu yang berkualitas, supaya tidak menjadi ancaman bagi anda dan berdampak merusak rangka rumah atau furnitur rumah anda.

2. Adanya Celah Kecil Dibagian Tertentu

Meskibut mempunyai tubuh mungil, namun kekuatan rayap untuk menggerogoti bagian-bagian dari rumah anda sangatlah kuat. Hal ini dapat dibuktikan bahwa rayap mampuu menembus kayu yang memiliki ketebalan beberapa centimeter.

Maka dari itu, jika mengetaui ada beberapa rongga pada rumah anda yang berbahan kayu, maka segeralah lakukan perbaikan, supaya mengantisipasi masuknya rayap yang akan mejadikannya rumah dan menggerogotinya.

3. Kurangnya Pancaran Cahaya Dan Udara

Kurangnya cahaya yang masuk ke dalam rumah dan pergantian udara yang berselang, akan mengakibatkan rumah lembab. Hal ini juga dapat menjadi penyebab utama tumbuhnya rayap pada rumah anda, karena tempat yang lembab merupakan tempat yang juga disukai rayap.

selain penyebab berkembangbiakanya rayap, ruangan yang lembab juga dapat menjadikan kayu akan mudah lapuk. Maka dari itu, pastikan ruangan dibagian-bagian rumah anda dikasih jendela atau sejenisya yang menjadi akses masuknya sinar matahari dalam rumah, sehingga suhu ruangan bertambah.

4. Keadaan Rumah Kurang Bersih dan Terawat

Selain ssuhu ruangan yang rendah dan lembab, tempat yang kotor dan tidak terawat juga bisa menjadi penyebab bersarangnya rayap. Jika rumah tidak terjaga kebersihannya, khususnya di bagian-bagiaan sudut rumah, maka rayap akan dengan senang hati untuk menghuninya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasinya, pastikan rumah terjaga dengan baik megenai kebersihannya. Bersihkan rumah secara rutin, terutama pada langit-langit rumah, perabot atau furnitur yang terbuat dari kayu, dan bagian sudut rumah.

Dengan mengetahui keempat penyebab dan cara mengantisipasi ddan mengatasi adanya rayap seperti di atas, anda juga dapat menyewa jasa suntik anti rayap Jakarta. Dengan menyewanya, tentu akan lebih praktis dan tidak beresiko tinggi bagi anda seperti harus merenovasi rumah yang tentu memerlukan biaya yang lebih banyak.